Kurikulum sebagai sejumlah kegiatan yang diberikan kepada siswa. Kegiatan itu sebagian besar adalah menyajikan bahan pelajaran agar siswa menerima, menguasai dan mengembangkan bahan pelajaran itu. Kurikulum yang kurang baik akan berpengaruh tidak baik pula terhadap siswa.
b. Antara guru dengan siswa
Proses belajar mengajar terjadi antara guru dengan siswa. Reaksi guru dengan siswa baik, membuat siswa akan menyukai gurunya, juga akan menyukai mata pelajaran yang diberikannya sehingga siswa berusaha mempelajari sebaik-baiknya.Guru yang kurang berinteraksi dengan siswa dengan baik menyebabkan proses belajar-mengajar itu kurang lancar. Guru itu seperti orang tua kedua bagi siswa, mereke sering membimbing siswa bila mendapat kesulitan dalam belajar.
c. Antara siswa dengan siswa
Siswa yang mempunyai sifat kurang menyenangkan, rendah diri atau mengalami tekanan batin akan diasingkan dalam kelompoknya. Jika hal ini semakin parah, akan berakibat terganggunya belajar. Siswa tersebut akan malas untuk sekolah dengan berbagai macam alasan yang tidak-tidak. Jika terjadi demikian, siswa tersebut memerlukan bimbingan. Menciptakan hubungan yang baik antar siswa akan memberikan pengaruh positif terhadap belajar siswa.
d. Disiplin di sekolah
Kedisiplinan sekolah kami erat kaitannya dengan kerajinan siswa dalam sekolah dan belajar. Kedisiplinan sekolah kami mencakup kedisiplinan guru dalam mengajar, kepala sekolah dalam mengelola sekolah, dan BP dalam memberikan layanan.
Seluruh staf sekolah yang mengikuti tata tertib dan bekerja dengan disiplin membuat siswa disiplin pula. Dalam proses belajar, disiplin sangat dibutuhkan untuk mengembangkan motivasi dan kreativitas yang kuat. Agar siswa belajar lebih maju, maka harus disiplin di dalam belajar baik di sekolah, di rumah dan dimna saja.
e. Alat pelajaran di sekolah
Alat pelajaran yang erat hubungannya dengan cara belajar siswa karena alat pelajaran tersebut dipakai siswa untuk menerima bahan pelajaran dan dipakai guru waktu mengajar. Alat pelajaran yang lengkap dan tepat akan mempercepat penerimaan bahan pelajaran. Jika siswa mudah menerima pelajaran dan menguasainya, belajar akan lebih giat dan lebih maju. Mengusahakan alat pelajaran yang baik dan lengkap sangat dibutuhkan guna memperlancar kegiatan belajar-mengajar dan siswa tidak mudah boring (bosan).
Kebersamaan diluar pelajaran |
f. Waktu sekolah
Waktu terjadinya proses belajar mengajar disekolah. Waktu sekolah akan mempengaruhi belajar siswa. Memilih waktu sekolah yang tepat akan memberikan pengaruh yang positif terhadap belajar. Sekolah dipagi hari itu waktu yang paling tepat, pada saat itu pikiran masih segar dan kondisi masih segar juga. Dalam pelajaran selalu dimasukkan suatu permainan agar pikiran tidak terasa jenuh dan lelah.
0 komentar:
Posting Komentar